Jumat, 13 Januari 2017

5 Wisata Pulau di Kabupaten Anambas

Tempat Wisata di Anambas - Kabupaten Anambas adalah sebuah kabupaten yang ada di Propinsi Kepulauan Riau dengan Ibu Kota Tarempa. Kabupaten Anambas terdiri dari beberapa gugusan pulau-pulau nan indah dan eksotis. dengan keindahan tersebut, pulau-pulau di Kabupaten Anambas menjadi Objek Wisata Kepulauan Riau yang sangat terkenal. 

Walaupun Pulau-pulau di anambas belum sepopuler dengan pulau-pulau di Kepulauan Seribu maupun Raja Ampat, tetapi tak ada salahnya jika dengan keindahannya pulau-pulau di Kabupaten Anambas kita sejajar kan dengan pulau-pulau di dua tempat di atas. Berikut kami paparkan 6 Pulau Tempat Wisata di Kabupaten Anambas :

1. Pulau Bawah

foto : i_budiman/instagram
Pulau Bawah ini terletak 150 mil dan berbatasan langsung dengan singapura dari laut timur. Pulau bawah adalah kumpulan banyak pulau yang menakjubkan dengan panorma indah yang berada di selatan dari kepulauan anambas. Dari beberapa kumpulan Pulau, terdapat salah satu pulau yang mempunyai luas sekitar 65 hektar. Pulau ini di jadikan pulau utama dari beberapa pulau yang ada di sekelilingnya.

Pulau-pulau di sekitar nya juga masih ada yang tidak berpenghuni yaitu sekitar 30 mil jaraknya dari pulau utama . secara administratif pulau bawah terletak di desa Kiabu, kecamatan Siantan Selatan.

Pulau ini sangat memiliki Pemandangan yang sangat indah dengan keajaiban alam bawah laut dan ditambah lagi dengan pepohonan yang berjejer rapi di tepi pantai. Hal ini tentu membuat tempat wisata ini menjadi tempat bagi para pengunjung untuk menikmati panorma keindahan alam yang sangat mengagumkan.
Yang paling menarik adalah laguna atau danau kecil yang dimiliki pulau ini. Laguna tersebut terbentuk dari kepungan gugusan pulau di tengah laut menghasilkan danau air asin yang dangkal. Di dalamnya terlihat jelas begitu indahnya biota laut dan terumbu karang yang ada di Anambas.

Objek Wisata Pulau Bawah menjadi salah satu tujuan utama berlibur yang sangat indah. Sayang, yang ramai datang ke tempat ini ternyata lebih banyak bule, sedangkan wisatawan dalam negeri masih sepi.


2. Pulau Penjalin

Selain Pulau bawah, di Kepulauan Anambas ada juga pulau yang tak kalah indah dari Pulau Bawah yaitu Pulau Penjalin.  pulau yang mempunyai pemandangan yang sangat indah ini terletak di Kecamatan Palmatak di pulau ini terdapat banyak pulau-pulau kecil yang menambah keindahan pantai di pulau penjalin, dan di tambah lagi putih pasir pantai yang sangat unik serta terdapat bongkahan Batu-batu besar yang berjajar di sepanjang pantai.

untuk menuju pulau penjalin, terlebih dahulu kita kepulau anambas dan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan menggunakan transportasi udara. selanjutnya dari pulau anambas kita menuju ke siantan, dari siantan kita dapat menuju kesiantan dengan menggunakan jasa penyewaan speed boat karena untuk menuju ke pulau penjalin tidak ada transportasi reguler. waktu yang kita tempuh kesana menggunkan speed boat sekitar 1,5 jam.

3. Pulau Durai


Pulau Durai yang sama-sama berada di Kecamatan Palmatak dengan Pulau Penjalin ini memiliki jarak yang tidak terlalu jauh. jadi jika berkunjung ke Pulau Penjalin, tak ada salahnya kita mengunjungi Pulau Durai. Pulau durai juga memiliki keindahan yang sama Pulau Penjalin. air laut yang biru dan jernih dan di tambah putihnya pasir pantai, membuat para wisatawan luar negeri terkagum-kagum dengan keindah pulau durai.

Selain keindahan pantainya, Pulau Durai merupakan tempat habitat penyu belimbing (Dermocheyls Coriacea). Bicara fasilitas, pulau ini merupakan salah satu pulau dengan fasilitas yang lumayan lengkap yang ada di Anambas. Berkunjung ke pulau ini dapat memberikan kesan mendalam, apalagi di kala senja Anda dapat melihat penyu-penyu belimbing dilepaskan di pulau ini.

Pulau Durai begitu terkenal di kabupaten Kepulauan Anambas. Bersama dengan Pulau Bawah, pulau ini juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.

4. Pulau Piugus

Pemandangan yang tak kalah indah seperti pulau bawah dan pulau penjalin juga terdapat di Pulau Piugus. di pulau ini dapat kita jumpai banyak pohon kelapa yang melambai-lambai dan jernih serta birunya air laut, membuat pantai di pulau piugus ini sangat indah.

Untuk menuju ke pulau piugus dapat di tempuh dengan waktu 1 jam dari  Desa Ladan dengan menggunakan jasa penyewaan transportasi speed boat  atau dapat juga menumpang kapal pompong yang menuju kesana.

5. Pulau Pasir Busung


Di tengah laut anambas terdapat sebuah pulau yang unik. kenapa di bilang unik, karena pulau ini dapat di lihat jika air laut dalam keadaan surut saja. biasanya pengujung yang beruntung saja yang dapat melihat pulau ini. tumpukan Pasir putih yang agak tinggi membuat pulau ini diberi nama Pulau Pasir Busung.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar serta masukan terkait dengan artikel yang Anda baca di atas. Mohon maaf, Komentar Spam atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.
EmoticonEmoticon